cover
Contact Name
Dessy Wardiah
Contact Email
jurnalwahanadidaktika@gmail.com
Phone
+6285380755167
Journal Mail Official
wahanadidaktika@univpgri-palembang.ac.id
Editorial Address
Jl. Jend. A. Yani Lr. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang Telp. (0711) 510043 Faks (0711) 514782
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Wahana Didaktika
ISSN : 18295614     EISSN : 26214075     DOI : http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika
Core Subject : Education,
Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu Pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 19 No. 3 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan" : 15 Documents clear
Isu-Isu Mutakhir Dalam Pelayanan Di Bidang Pendidikan Djunaidi Djunaidi
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 3 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v19i3.6645

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui isu isu mutakhir apa saja yg terjadi sekarang dalam pelayanan di bidang pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan memaparkan atau menggambarkan  keadaan, kondisi, situasi, peristiwa, kegiatan-kegiatan, dan lain-lain.  Penelitian ini menggunakan data sekunder, data sekunder merupakan data yang diperoleh dari sumber kedua atau sumber sekunder dari data yang di butuhkan.   Hasil penelitian didapat 3 faktor utama dalam pelayanan pendidikan  yaitu rendahnya mutu pendidikan, rendahnya dalam pemanfaatan IPTEK dan pelayanan publik bidang sarana dan prasarana. Rendahnya mutu dalam pendidikan disebabkan oleh faktor model belajar siswa, perubahan kurikulum dan kemampuan guru dalam mengajar. Rendahnya dalam pemanfaatan IPTEK yang harus diperbaiki adalah kualitas guru dalam proses pembelajaran. Kualitas pelayanan yang harus diperbaiki juga memberikan pelatihan atau bimbingan kepada guru-guru yang belum melek teknologi dan melengkapi sarana prasarana. Pelayanan publik bidang sarana dan prasarana dikarenakan kualitas guru dan kelengkapan sarana prasarana yang harus dipenuhi.
Upaya Meningkatkan Kinerja Guru SMP Negeri 3 Lais Kecamatan Lais Melalui Supervisi Akademik Mardiana Mardiana
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 3 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v19i3.7588

Abstract

Pelaksanaan supervisi dapat menjadi bagian dalam upaya meningkatkan produktivitas kerja guru. Pelaksanaan supervisi dalam PP No.19 tahun 2005 pasal 1 ayat (25) dijelaskan sebagai bagian dari upaya penjaminan mutu satuan pendidikan untuk mencapai standar nasional pendidikan. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kinerja guru setelah pelaksanaan supervisi akdemik dikembangkan oleh pengawas sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dianalisis dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Lais pada tahun pelajaran 2019/2020 selama 3 bulan. Indikator supervisi yang digunakan adalah assesing program objectives, planning program invorentment, implementing programe change dan evaluation of programe change. Indikator penilaian kinerja guru mencakup kelengkapan perangkat pembelajaran. yaitu silabus, program tahunan, program semester, rpp dan pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Terjadi perbaikan proses supervisi akademik yang berbasis masalah dari siklus I menuju siklus II, dan  terjadi peningkatan kinerja guru mulai dari pra pelaksanaan siklus, siklus I, siklus II, dengan kategori hasil penilaian kinerja yang diperoleh guru adalah sangat baik dan baik
Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Siswa SMA Negeri 1 Rambang Dangku Suci Rahmi Shela; Nurlela Nurlela; Ramtia Darma Putri
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 3 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v19i3.7052

Abstract

Remaja memiliki karakteristik yang membutuhkan pengakuan dari lingkungan sosialnya dan memiliki emosi yang labil. Dalam keadaan tersebut, remaja memiliki kemampuan mengendalikan diri atau kontrol diri yang lemah, sehingga mereka mengambil tindakan berdasarkan emosi semata. Tindakan yang dimaksud salah satunya adalah tindakan dalam membeli dan berujung pada timbulnya perilaku konsumtif.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perilaku konsumtif, tingkat kontrol diri, dan hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada siswa SMAN 1 Rambang Dangku. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional, Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Rambang Dangku. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sejumlah 60 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis data 2 angket yaitu angket perilaku konsumtif dan angket kontrol diri. Pengskalaan yang digunakan adalah model Likert. Berdasarkan hasil penyekoran dan pengujian yang bersifat deskriptif dan sistematis, tingkat perilaku konsumtif siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rambang Dangku Kabupaten Muara Enim berada dalam kategori rendah sebesar 73% yakni 44 siswa dan tingkat kontrol diri siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rambang Dangku Kabupaten Muara Enim berada dalam kategori sedang sebesar 83% yakni 50 siswa.  Berdasarkan hasil uji hipotesis, terdapat hubungan positif yang signifikan dalam hubungan kontrol diri dengan perilaku konsumtif siswa.
Keefektifan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Film “Dua Garis Biru” Siswa Adelya Dwi Qurniasih; Dessy Wardiah; Yessi Fitriani
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 3 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v19i3.7401

Abstract

AbstrakPenelitian ini mempunyai misi membuktikan apakah model pembelajaran Discovery Learning adalah model pembelajaran yang efektif dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia teks ulasan. Jenis pengambilan data dalam penelitian ini adalah tes berupa kegiatan  menulis teks ulasan tentang film “Dua Garis Biru” diawal dan diakhir proses penelitian. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, analisis deskriptif, uji hipotesis, dan uji -(t). Hasil nilai signifikasi uji normalitas 0,000 <0,005 dengan std.Error Mean kelas eksperimen lebih dari std.Error Mean kelas kontrol. Kemudian untuk uji homogenitas hasil menunjukkan nilai sig< 0,05 sehingga data homogen. Kemudian untuk uji -t nilai sig yakni 0,000. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat peningkatan nilai hasil belajar setelah menggunakan model Discovery Learning. maka H1 yang diterima artinya model pembelajaran Discovery Learning memberikan perbedaan terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol.  Kata Kunci : Discovery Learning, Teks Ulasan, Kemampuan Berpikir Kritis 
Upaya Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa SDN 2 Babat Banyuasin pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Media Gambar Yanalista Yanalista
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 3 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v19i3.1237

Abstract

Hasil belajar merupakan suatu tujuan paling utama dalam suatu pembelajaran yang akan dicapai oleh pendidikan maupun peserta didik. Dimana hasil belajar peserta didik dapat tercapai dengan baik adalah suatu tugas pokok bagi seorang guru dalam memberikan materi pembelajaran maka guru harus merefleksi kembali pembelajaran yang telah dilaksanakan. Apakah pembelajaran merupakan suatu alat pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik yang kurang minat belajar dalam suatu pembelajaran tertentu. Dimana telah di buktikan dalam pembelajaran matematika kelas VI SDN 2 Babat Banyuasin dengan topic mencari luas dari gabungan dua bangun datar sederhana yang dapat dilihat dari hasil persentase perubahan pada setiap proses pembelajaran. sebelum perbaikan jumlah peserta didik yang aktif 5 orang (31,25%) kemudian pada siklus I naik 10 orang (62,5%) pada siklus kedua naik menjadi 14 orang (87,5%). Hal ini berarti aktifitas peserta didik dalam setiap siklus pembelajaran Matematika mengalami peningkatan.
Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Games For Understanding untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lay Up Shoot Basket Agung Mahendra; Muhsana El Cintami Lanos; Oscar Ortega Graciano
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 3 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v19i3.7146

Abstract

Pengaruh model pembelajaran Teaching Games For Understanding untuk meningkatkan hasil belajar lay up shoot bola basket ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teaching Games For Understanding untuk meningkatkan hasil belajar lay up shoot bola basket pada siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Riau Silip. Metode Penelitian ini yang digunakan adlah metode eksperimen (pretest dan postest design). Variabel penelitian adalah variabel bebas yaitu model pembelajaran Teaching Games For Understanding sedangkan variabel terikat yaitu hasil lay up shoot. populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Riau Silip yang berjumlah 115 orang, sedangkan sampel pada penelitian ini yaitu siswa pada kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Riau Silip yang berjumlah 32 orang. Sehingga disebut penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar Observasi sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Teaching Games For Understanding untuk meningkatkan hasil belajar lay up shoot bola basket pada siswa kelas XI Ips 1 SMA Negeri 1 Riau Silip.
Rancangan Program Pelayanan Konseling pada Masa Pandemi Berbasis Konseling Ego (Studi di SMA Swasta Intensif Nurul Ikhlas Panyalaian) Shofie Istiqomah; Rahma Wira Nita; Triyono Triyono
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 3 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v19i3.6396

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasikan maladjusment remaja berbasis konseling ego dan membuat rancangan program pelayanan konseling berdasarkan identifikasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Intensif Nurul Ikhlas Panyalaian-Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh peserta didik sebanyak 148 peserta didik. Dengan penarikan sampel menggunakan menggunakan teknik stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 141 peserta didik. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sedangkan untuk analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan teknik presentase. Hasil identifikasi penelitian maladjusment remaja berbasis konseling ego   dapat memudahkan guru bimbingan dan konseling (BK) dalam merancangan program pelayanan sesuai dengan maladjusment nilai-nilai yang kaku, individu tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan (keterasingan, kurang berfikir jernih, tidak memperhitungkan untung dan ruginya dan kecemasan. Berdasarkan rancangan program pelayanan konseling pada masa pandemi berbasis model konseling ego di SMA Swasta Intensif Nurul Ikhlas Panyalaian-Padang Panjang ini ada beberapa rancangan program layanan untuk direkomendasikan kepada guru BK agar lebih meminimalisir maladjustment melalui layanan-layanan konseling.
Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 2 Babat Supat Dengan Menerapkan Model Inquiring Minds Want To Know Budi Raharjo
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 3 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v19i3.7368

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti penerapan model Inquiring Minds Want To Know dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung 2 siklus. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Babat Supat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Keabsahan data hasil penelitian menggunakan triangulasi data sedangkan analisis data hasil penelitian menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran menggunakan metode Inquiring Minds Want To Know mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX. 1 SMP Negeeri 2 Babat Supat, ini didukung dengan adanya penigkatan diskusi yang maksimal. 2) Persentase keberhasilan Siklus I sebesar 38,4% 16 orang siswa (61,5%) mendapat nilai cukup (60), 10 orang siswa (38,4%) mendapat nilai baik (70), 1 orang siswa (4,1%) mendapat nilai sangat baik (80), dengan nilai rata-rata kelas 69,38. Maka bisa dikatakan bahwa Siklus I belum optimal sehingga perlu ditingkatkan lagi. Persentase keberhasilan Siklus II sebesar 88,4%. Hanya tersisa 3 orang siswa (115%) mendapat nilai cukup (60), 14 orang siswa (53,8%) mendapat nilai baik (70), 9 orang siswa (34,6%) mendapat nilai sangat baik (80), dengan nilai rata-rata kelas 76,57. Dengan demikian, penerapan metode Inquiring Minds Want To Know dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX. 1 SMP Negeri 2 Babat Supat
Rancangan Program Pelayanan Konseling pada Masa Pandemi Berbasis Model Pendekatan Psikologi Individual Islamiatul Niza; Rahma Wira Nita; Triyono Triyono
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 3 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v19i3.7091

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi maladjustment remaja berbasis pendekatan psikologi individual dan membuat rancangan program pelayanan konseling remaja masa pandemi berbasis analisis maladjustment model pendekatan psikologi individual. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, populasi penelitian ini peserta didik di SMP Negeri 3 Sijunjung sebanyak 277 peserta didik. Sampel penelitian sebanyak 164 peserta didik menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan teknik presentase.  Hasil penelitian tentang rancangan program pelayanan konseling pada masa pandemi berbasis model pendekatan psikologi individual di SMP Negeri 3 Sijunjung dilihat dari hasil identifikasi maladjustment remaja berbasis psikologi individual berada pada kategori sedikit dan rancangan program pelayanan konseling berdasarkan hasil identifikasi maladjustment diberikan dalam bentuk materi yang disesuaikan dengan meladjustment yang muncul dan diberikan layanan yang sesuai. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasi dari guru BK agar dapat meminimalisir maladjustment yang banyak dilakukan
Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 2 Tungkal Jaya Melalui Penerapan Model Talking Stick Mayulita Mayulita
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 3 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v19i3.7369

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas guru, siswa dan hasil belajar dengan penerapan model Talking Stick pada standar kompetensi memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya. Penelitian tindakan kelas  berlangsung dalam II siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas iswa dan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini Persentase keberhasilan siklus I sebesar 40%. 2 orang siswa (10%) mendapat nilai cukup (60), 16 orang siswa (45%) mendapat nilai baik (60), 14 orang siswa (45%) mendapat nilai baik (70), dengan nilai rata-rata kelas 68,72. Maka bisa dikatakan bahwa siklus I belum optimal. Persentase keberhasilan siklus II sebesar 94,2%. 2 orang siswa (5,7%) mendapat nilai cukup (60), 28 orang siswa (85,7%) mendapat nilai baik (70), 2 orang siswa (8,5%) mendapat nilai sangat baik (80), dengan nilai rata-rata kelas 75,72. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Talking Stick yang sudah diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Tungkal Jaya

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 22 No. 1 (2024): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 3 (2023): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 2 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 1 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 3 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 2 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 1 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 3 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 2 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 1 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 3 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 2 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 1 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 17 No. 3 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 17 No. 2 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 17 No. 1 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 16 No. 3 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 16 No. 2 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 16 No. 1 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 15 No. 3 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 15 No. 2 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 15 No. 1 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 14 No. 3 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 14 No. 2 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 14 No. 1 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 13 No. 3 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 13 No. 2 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 13 No. 1 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 12 No. 3 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 12 No. 2 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 12 No. 1 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 11 No. 3 (2013): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 11 No. 2 (2013): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan More Issue